Sebanyak 81 Ribu Orang Indonesia Tercatat Memesan 'Tiket' Ke Mars

Sebanyak 81 Ribu Orang Indonesia Tercatat Memesan 'Tiket' Ke Mars

Sebanyak 81 Ribu Orang Tercatat Memesan 'Tiket' Ke Mars
Sebanyak 81 Ribu Orang Tercatat Memesan 'Tiket' Ke Mars

JAKARTA - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) membagi-bagikan 'tiket gratis' gratis ke planet Mars, Program ini mendapat animo besar dari publik dan tidak kalahnya lagi program tersebut juga diminati oleh orang Indonesia juga yang menempatkan negara ini menjadi salah satu 'penumpang'ke Mars terbanyak di dunia.

Tiket gratis yang dimaksud adalah berupa boarding pass yang sebelumnya harus diisi terlebih dahulu dan yang nantinya akan diterbangkan ke Mars menggunakan robot penjelajah Mars 2020. Seperti diketahui rencana misi tersebut yang direncanakan akan meluncur pada musim panas 2020 dan akan mendarat di Mars pada Bulan Februari tahun 2021.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun disitus tersebut hingga Sabtu siang (8/6/2019) sudah tercatat sebanyak 3,8 juta pendaftar yang sudah masuk.

Yang menariknya lagi meskipun digalakkan oleh pihak Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang berasal dari AS akan tetapi partisipasi warganya masih kalah apabila dibandingkan dengan negara Turki yang menempati posisi teratas. Sudah ada 2,4 juta nama peserta dari negara Turki yang jumlahnya melebihi dari negara-negara lain.

Diposisi kedua ada negara India dengan peserta yang tercatat sejumlah 832 ribu peserta yang kemudian diikuti secara berurutan Amerika Serikat sebanyak 736 ribu peserta, China sebanyak 177 ribu peserta, Korea Selatan sebanyak 166 ribu peserta dan Mesir sebanyak 161 ribu peserta.

Sebanyak 81 Ribu Orang Tercatat Memesan 'Tiket' Ke Mars
Daftar jumlah peserta 'tiket gratis' ke Mars

Adapun Indonesia sendiri tercatat menyertakan 81 ribu peserta yang tercatat. Posisinya ada diurutan ke-14 yang jumlahnya lebih besar dari Arab Saudi sebanyak 77 ribu peserta, Jerman 75 ribu peserta, Prancis 68 ribu peserta, Rusia 58 ribu peserta, Australia 57 ribu peserta, maupun negara tetangga Malysia 23 ribu peserta dan Singapura 6,2 ribu peserta.

Daftar peserta dari berbagai negara diatas bisa saja berubah karena NASA baru akan menutup pendaftaran untuk dikirimkan ke Mars pada 30 September nanti.

Bagi kalian yang ingin mengirimkan nama kalian caranya terbilang cukup mudah hanya dengan mengisi form di website ini, setelah itu kalian akan mendapatkan suvenir tiket yang bisa dipamerkan dan juga mendaptkan poin 'frequent flyer' hingga ratusan juta kilometer.

Setelah itu nama kalian akan ditulis menggunakan sinar elektron di atas mikrochip yang berukuran sangat kecil sehingga satu mikrochip mampu menampung hingga satu juta nama.

Mars 2020 akan mendarat di dalam kawah Jezero yang mempunyai lebar sekitar 45 kilometer. Kawah ini dulunya sempat menjadi lokasi delta sungai. Robot penjelajah ini memiliki misi untuk mencari tanda-tanda kehidupan di Mars dan mencari ciri-ciri geologi area tersebut dan juga mencari es air yang terkubur dan berbagai pekerjaan lainnya, Apakah anda berminat mengikutinya ????

Berita ini dikutip dari situs : Detik.com



Post a Comment

0 Comments